Berita

Kemenkes RI Imbau Semua RS di Indonesia Tidak Takut Layani Pasien Covid

Minggu, 20 Juni 2021 - 16:04
Kemenkes RI Imbau Semua RS di Indonesia Tidak Takut Layani Pasien Covid Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Siti Nadia Tarmizi saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenkes)

TIMES KUPANG, JAKARTA – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Siti Nadia Tarmizi berharap agar seluruh rumah sakit dalam negeri melayani setiap pasien covid-19.

Imbauan tersebut, menurut Nadia, disampaikan dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Jika semua RS siap melayani pasien dalam kondisi tertentu, maka penanganan pandemi dalam negeri lebih mudah.

Selain itu, dia berharap masyarakat juga tidak bandel ketika ada program vaksinasi. Mereka dihimbau agar sama-sama antusias untuk menerima program tersebut.

"Antisipasi peningkatan laju kasus RS haru mengkonversi tempat perawatannya menjadi tempat perawatan Covid-19, bisa sampai 100 persen jika memang diperlukan [khusus untuk Covid-19]," kata Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Minggu (20/6/2021).

Kemudian, Nadia juga mengimbau agar dinas kesehatan di daerah membuat sistem rujukan antar RS baik swasta dan RS pemerintah dalam menangani pasien Covid-19 agar lebih efektif.

Dia berharap, semua rumah sakit dan tenaga kesehatan kompak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tidak hanya di pusat, dia juga menghimbau kepada rumah sakit di berbagai daerah.

"Selain itu juga membuat sistem rujukan antar RS baik swasta-pemerintah. Semua akan lebih mudah jika kita bersatu, pemerintah sudah maksimal, semua harus bersinergi," imbuhnya.

Sebagai Informasi, sebelumnya Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) mengakui bahwa saat ini rumah sakit-rumah sakit (RS) di Indonesia kewalahan menerima pasien Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persi Lia G Partakusuma di acara Kesiapan RS pada Lonjakan Covid-19 Gelombang Kedua di Indonesia secara daring, Minggu (20/6/2021).

"Sebetulnya rumah sakit itu menyediakan kapasitas untuk yang terpapar Covid-19, tapi ada keterbatasan kami yaitu ada daerah-daerah yang fasilitas kesehatannya sedikit dan kasusnya banyak sehingga kami mulai kewalahan menerima pasien-pasien kasus Covid-19," kata Lia.

Lia mengatakan, jumlah RS di Tanah Air pada April 2021 ada sebanyak 3.039 dan yang terdaftar anggota Persi ada sebanyak 1.976 RS.

Dari jumlah tersebut, kata dia, terdapat 904 RS yang mendapat SK dari Kemenkes RI dan pemerintah provinsi setempat yang menjadi RS rujukan Covid-19. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kupang just now

Welcome to TIMES Kupang

TIMES Kupang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.