Berita

Mahasiswa Prodi Hukum Unkriswina Sumba Juara ke-2 Pilmapres 2021 NTT

Jumat, 30 Juli 2021 - 10:22
Mahasiswa Prodi Hukum Unkriswina Sumba Juara ke-2 Pilmapres 2021 NTT Eka Setiani Mahasiswa Prodi Hukum Unkriswina Sumba peraih urutan ke-2 Pilmapres 2021 tingkat NTT. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMES KUPANG, WAINGAPU – Eka Setiani, mahasiswa Prodi Hukum Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba, meraih juara kedua  mahasiswa berprestasi (Pilmapres) 2021 tingkat NTT. Ajang ini diselenggarakan  Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Sekjen Kemendikbud melalui LLDIKTI XV.

“Adapun pada tahap seleksi wilayah, penilaian capaian unggulan (CU) serta gagasan kreatif (GK) mahasiswa sedangkan capaian unggulan yang dimaksud adalah capaian mahasiswa bidang akademik non akademik, penghargaan, pengakuan, hasil karya, karier organisasi, kewirausahaan maupun aksi kemanusiaan. Untuk gagasan kreatif yang dimaksud ialah tulisan ilmiah membua hasil analisis dan potensi kebutuhan lingkungan sekitar,” kata Eka Setiani, Jumat (30/7/2021).

Menurut Eka, yang menantang dalam Pilmapres ialah harus menghasilkan karya tulis ilmiah. Ini membuatnya harus bisa mengatur waktu. Apalagi pada semester 6, Eka harus KKN yang membuat jadwal kegiatan sangat padat..

"Namun di luar itu semua, sebenarnya Pilmapres menilai seberapa produktif kita dalam perkuliahan sebagai mahasiswa karena semua prestasi sejak semester 1 memberi andil penilaian 60 persen. Artinya, Ini semua tidak bisa kita peroleh dalam waktu singkat perlu proses dan kemauan untuk memperoleh pencapaian seperti itu,” tuturnya.

Eka mengungkapkan, seandainya masuk final, ada satu kriteria penting yang akan dinilai yakni kemampuan berbahasa Inggris.

Pembimbing sekaligus Kaprodi Hukum Unkriswina Sumba Rambu Susanti Mila Maramba, SH, MH mengatakan, ajang kompetisi yang diselenggarakan Kemenristekdikti bertujuan memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi.

Rambu berharap, capaian Eka Setiani merupakan awal pencapaian yang lainn dan bisa memotivasi mahasiswa Unkriswina Sumba untuk meraih prestasi lain.

“Ini membuktikan bahwa berprestasi bisa dilakukan oleh siapapun termasuk anak daerah, dengan proposal yang telah diajukan oleh Eka Setiani kiranya memberikan manfaat bagi masyarakat Sumba,” ucap Rambu Susanti.

Eka Setiani menambahkan, keberhasilannya ini tidak lepas dari dukungan bidang III Unkriswina Sumba Umbu Ho Ara, SE, M.Si selaku Purek III, Yonatan Talundima, SE selaku Kabag. Kemahasiswaan serta Adrianus Kabubu Hudang, SE, M.Si selaku Dekam Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial yang telah mengarahkan dan banyak membantu dalam mendorongnya mengikuti ajang Pilmapres 2021 tingkat NTT. (*)

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kupang just now

Welcome to TIMES Kupang

TIMES Kupang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.